Diposting oleh DON'T WORRY Selasa, 13 September 2011

Resume seminar hari Sabtu tanggal 10 September 2011

Resume pada hari sabtu,tanggal 10 september 2011 ini membahas tentang MOTIVASI. Dan para Maba berada pada kursi paling depan,sedangkan para KS berada di belakang. Salah satunya terdapat KSku.Motive/motif adalah dorongan. Segala sesuatu yang membuat seseorang bertingkah laku tertentu,atau kesediaan untuk mengeluarkan upaya yang tinggi ke arah pencapaian tujuan organisasi.
Menurut P.Robin, Motivation is processes that account for an individual’s intensity,direction,and persistence of effort toward  attain  a goal,atau motivasi adalah proses yang dibuat untuk individu yaitu itensitas, arah, dan ketekunan usaha untuk mencapai tujuan tertentu
Hubungan antara manusia dan teori motivasi,kebutuhan adalah Kekurangan yang dirasakan seseorang pada waktu tertentu,dan yang kedua suatu keadaan yang menyebabkan hasil tertentu tampak menarik.
Teori kebutuhan atau MASLOW,terdapat lima jenis kebutuhan yang harus terpenuhi,yaitu fisiologi,keamanan,sosial,penghargaan,dan aktualisasi diri. Semuanya harus dapat terpenuhi.
Menurut David Mc Clelland,teori kebutuhan di bedakan menjadi tiga. Yaitu pertama kebutuhan untuk berprestasi salah satunya dorongan untuk lebih unggul,yang kedua kebutuhan afiliasi atau keinginan untuk bersahabat,dan yang terakhir kebutuhan Power.
Power sendiri adalah singkatan,Positive attitude,Other people,Words,Expand,Realize your goal. Jadi anda harus mengerti apa tujuan dan pola hidup anda. Mulai sekarang sadarilah pola hidup ataukah gaya hidup, anda melakukan sesuatu tujuan hidup ini.
Seperti salah satu kata bijak yang di telah di sampaikan pada saat seminar kemarin,Kita lahir dengan dua mata di depan wajah kita karena itu pandanglah kedepan,pandanglah masa depan kita,dan juga jangan putus asa
Setelah Seminar yang pertama dari Bpk Bambang tentang motivasi,berlanjut seminar dari Bpk Julianto yang mengambil tema tentang Kewirausahaan. Pertama-tama Bpk julianto memperkenalkan dirinya pada kami para KY. Setelah itu Bpk Julianto menjelaskan tujuan diadakan seminar  ini,yaitu yang pertama membangun motivasi dan berubah mindset mahasiswa tentang entrepreneur,yang kedua menumbuhkan kreatifitas.
Dan Bpk Julianto menjelaskan fakta- fakta yang ada,seperti Sarjana nuklirberjualan es krim karen PHK 28 april 2007,derita TKI di malaysia akibat pemerintah yang kurang tegas,dan 900 ribu sarjana menganggur. Hal ini yang mengakibatkan Indonesia terpuruk dengan Negara-negara lain. Dan jumlah entrepreneur di negara kita sangat kecil.Entrepreneur sendiri memiliki arti,yaitu  orang yang menciptakan suatu bisnis baru dalam menghadapi risiko dan ketidakpastian dengan maksud untuk memperoleh keuntungan dan mengkombinasikan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang.
Sedangkan di negara-negara lain seperti Amerika pada tahun 2007 memiliki entrepreneur 11,5%,Singapura pada tahun 2005 memiliki entrepreneur 7,2%,dan sedangkan di Indonesia sendiri jumlah entrepreneurnya adalah 0,18% padahal menurut David Mc clelland jumlah minimum entrepreneur tiap negara seharusnya 2%. Jadi kita perlu kita sebagai generasi muda harusnya dapat menjadi salah satu entrepreneur di Negara kita.
Seseorang yang telah berusaha,memiliki berbagai hambatan. Yaitu merasa terlalu tua,merasa tidak berbakat,merasa tidak memiliki modal,dan terlalu muda. Hal-hal seperti ini yang akan menghambat peningkatan entrepreneur di Indonesia. Jadi seharusnya kita dapat mengerti poin-poin penghambat yang akan datang saat kita hendak berusaha.
Demikian resume untuk hari ini. Terimakasih.

0 komentar

Posting Komentar